Deeeveee's Blog











{April 7, 2010}   Messi Bantai Arsenal

Liputan6.com, Barcelona: Luar biasa. Acungan dua jempol untuk memuji penampilan Lionel Messi di leg kedua babak perempat final Liga Champions antara Barcelona versus Arsenal yang berlangsung di Nou Camp, Selasa (6/4) malam waktu setempat atau Rabu (7/4) dinihari WIB. Empat gol yang dicetak Messi mengantarkan kemenangan telak 4-1 (3-1) bagi Los Blaugrana.

Dengan hasil ini, berbekal hasil di leg pertama yang berkesudahan imbang 2-2 maka Barca unggul agregat 6-3 dan berhak melaju ke semifinal. Di babak empat besar yang tetap menggunakan format home dan away, 20 dan 28 April mendatang, Los Blaugrana akan berhadapan dengan Inter Milan yang sebelumnya sukses menyingkirkan CSKA Moscow.

Di leg kedua, dengan krisis pemain karena cedera dan suspensi, Josep Guardiola melakukan empat perubahan dibanding skuad yang diturunkan di leg pertama, yaitu dengan memainkan Eric Abidal di sektor bek kiri dengan tujuan mematikan pergerakan Theo Walcott. Di jantung pertahanan, Gabriel Milito berduet dengan Rafael Marquez menggantikan Carles Puyol dan Gerard Pique yang menjalani skorsing. Sementara mengisi posisi Zlatan Ibrahimovic yang cedera, Guardiola memainkan Bojan Krkic dan tetap tak menghiraukan Thierry Henry.

Di lain pihak, Arsene Wenger pun melakukan empat pergantian pemain dibanding komposisi yang diturunkan di Emirates, yaitu dengan memainkan Walcott, Mikael Silvestre menggantikan William Gallas, dan duet Denilson-Tomas Rosicky mengisi posisi Alexander Song dan Francesc Fabregas.

Sejak awal, meski mengandalkan para “liliput” di lini depan, Barca tetap tampil dominan. Kurang dari empat menit tendangan kaki kiri Messi harus susah payah ditepis Manuel Almunia. Tujuh menit kemudian, sepakan melengkung Messi hanya bersarang di atas gawang Arsenal. Tampak jelas dalam 15 menit pertama tuan rumah mengendalikan jalannya pertandingan.

Laga mulai memanas setelah Arsenal membuat kejutan dengan unggul terlebih dahulu di menit ke-18 lewat sontekan Nicklas Bendtner. Unggul dalam perebutan bola dengan Milito di garis tengah, Bendtner memberikan passing kepada Walcott yang lolos dari perangkap off-side. Di dalam kotak terlarang, Walcott balik memberikan umpan kepada Bendtner. Meski dikawal ketat Dani Alves, striker Timnas Denmark itu berhasil menyontek bola yang masih dapat dihalau Victor Valdes. Berbekal kakinya yang panjang, Bendtner lebih cepat menyodok bola ke dalam gawang dibanding usaha Abidal. 0- 1 untuk Arsenal.

Barca tak panik. Dua menit kemudian, publik Nou Camp bergemuruh melihat tendangan keras kaki kiri Messi menghujam pojok kiri atas gawang Almunia. Skor 1-1. Sejak itu Arsenal kian tertekan. Di menit ke-31, free-kick Alves masih dapat dikuasai Almunia. Beberapa detik kemudian, lewat serangan balik yang cepat, Messi nyaris membuat jantung para fans The Gunners copot. Setelah meliuk-liuk dan mengobrak-abrik pertahanan Arsenal, tendangan Messi hanya membentur sisi kanan gawang Almunia. Dua menit kemudian hakim garis melakukan kesalahan dengan mengangkat bendera pertanda Bendtner yang berdiri bebas terperangkap jebakan off-side. Padahal dalam tayang ulang, posisi Bendtner on-side.

Di menit ke-36, Messi kembali menjebol gawang Almunia. Skor 2-1. Lima menit kemudian, Messi menunjukkan kelasnya sebagai pemain dari “planet lain”. Lewat serangan balik yang mematikan, Messi lolos dari jebakan off-side. Mendapat umpan sundulan Seydou Keita di garis tengah, Messi melakukan solo-run ke kotak terlarang. Melihat pergerakan Almunia yang maju guna mempersempit ruang tembak, dengan tenang Messi mencungkil bola melewati kepala Almunia. Skor 3-1 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, meski telah unggul, Barca tetap dominan. Guna mempertahankan keunggulan, Guardiola menarik Bojan Krkic dan memasukkan Yaya Toure. Di menit ke-60, Arsenal mendapat peluang emas lewat Bendtner. Mendapat umpan dari Abou Diaby, Bendtner terlalu lama mengontrol bola. Alhasil si kulit bundar disapu Milito. Delapan menit berselang, giliran Rosicky yang kurang tenang menyelesaikan peluang di depan mata seiring dengan tendangannya yang jauh melambung di atas mistar.

Tiga menit kemudian, Arsenal mendapat peluang emas terbaik untuk memperkecil ketinggalan. Sayang, sundulan Bendtner memanfaatkan umpan silang akurat yang disodorkan Gael Clichy hanya membentur tiang kiri gawang Valsdes. Tiga menit menjelang pertandingan usai Messi mencetak gol keempatnya di ajang Liga Champions dengan cara yang tak kalah indahnya. Mendapat sodoran panjang dari Xavi, Messi merangsek ke kotak penalti dengan melewati kawalan Thomas Vermaelen. Tembakan pertamanya masih dapat diblok Almunia dengan kakinya. Bola muntah kembali ke kaki Messi. Menghela nafas sejenak, Messi memutuskan melakukan tendangan mendatar yang menerobos sela-sela di antara kaki Almunia. Skor 4-1 bertahan sampai bubaran.

Kemenangan ini merupakan sukses kali pertama bagi Barca yang tidak pernah meraih kemenangan di lima laga melawan tim Inggris di Nou Camp. Pun kemenangan kali pertama bagi Los Blaugrana di ajang Liga Champions ketika pertandingan dipimpin wasit Wolfgang Stark.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: